Kamis, 25 Oktober 2012

Cari tahu lebih banyak lagi tentang buah...



Masih banyak orang yang salah kaprah dalam menilai buah. Siapa bilang buah asam sudah pasti kaya dengan vitamin C? Cari tahu faktanya!



Percaya atau nggak, pisang adalah buah yang diyakini bisa menyeimbangkan mood. Mengonsumsi buah pisang bisa menimbulkan perasaan bahagia dan membuat orang yang memakannya menjadi lebih tenang. Mengapa demikian? “Dalam pisang ada zat yang bernama serotonin, yakni zat yang memproduksi melatonin. Melatonin adalah zat yang biasanya hanya diproduksi ketika kita tidur dan membuat kita segar saat bangun tidur. Dan inilah yang membuat kita merasa segar dan tenang ketika mengonsumsi pisang karena artinya efek yang ditimbulkan sama ketika kita bangun tidur,” ujar Prof. Sobir, PhD., Kepala Pusat Kajian Buah Tropis Institut Pertanian Bogor.


Untuk mendapatkan nutrisi optimal dari buah pisang, Prof. Sobir menganjurkan untuk mengonsumsi pisang segar secara langsung. Karena saat pisang diolah maka akan ada nutrisi yang berkurang akibat proses tersebut. “Jalan terbaik dalam mengonsmsi buah adalah mengonsumsi langsung saat buah masih segar. Dan untuk menjaga kesegaran buah pisang maka jangan pernah menyimpan pisang di dalam kulkas. Kenapa? Karena pisang adalah buah yang menjadi semakin manis jika disimpan pada suhu rendah dan itu menyebabkan pisang akan cepat busuk,” jelas Prof. Sobir.


Selain pisang, buah yang juga memiliki efek menenangkan adalah buah nanas. Nanas mengandung zat bromelain dan juga serotonin yang memunyai efek sama karena mengandung antioksidan tinggi.


Selain bisa menenangkan, nanas pun memiliki efek diuretik. Buat kamu yang ingin menurunkan berat badan, nanas pas banget untuk dijadikan camilan. Karena efek diuretiknya bisa melunturkan lemak tubuh dan serat tingginya juga membuat kamu selalu merasa kenyang.


Dan ternyata, nanas bisa dikonsumsi oleh semua orang, nggak terkecuali ibu hamil. “Semua orang bisa mengonsumsi nanas kok. Nggak benar jika nanas berbahaya untuk perempuan, terutama perempuan hamil. Dengan satu catatan, nanas yang dikonsumsi haruslah nanas yang matang,” Prof. Sobir kembali menjelaskan.


Namun, untuk sebagian orang yang memunyai masalah lambung memang harus sedikit berhati-hati saat mengonsumsi nanas. Jus merupakan jalan terbaik bagi penderita maag saat akan mengonsumsi nanas karena dengan proses pembuatan jus otomatis kadar asam akan berkurang.


Banyak orang yang beranggapan bahwa buah dengan rasa asam sudah pasti mengandung vitamin C tinggi. Namun, percaya atau tidak, di antara semua buah yang ada, justru buah pepaya yang mengandung vitamin C paling tinggi. “Bedakan antara rasa asam dan Vitamin C. Rasa asam disebabkan oleh asam citrat sedangkan Vitamin C adalah asam askorbat. Kita selalu mengasosiasikan rasa asam dengan Vitamin C. Padahal, tidak selalu buah dengan rasa asam mengandung Vitamin C tinggi. Mengapa buah pepaya yang sangat manis justru mengandung vitamin C paling tinggi? Karena buah pepaya mengandung asam askorbat tinggi dan sangat sedikit mengandung asam citrat. Jadi, jangan percaya jika ada orang yang mengatakan bahwa semua buah dengan rasa asam sudah pasti mengandung vitamin C tinggi,” tegas Prof. Sobir.



dari berbagai sumber...

<

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

anda sopan, saya segan (✿◠‿◠)