Sabtu, 27 Oktober 2012

Kenali Penyebab Komputer Sering Restart


Sebenarnya ada banyak sebab yg mengakibatkan komputer sering restart jadi saya akan kasih bocoran yg sering saya hadapi aza yah... jadi silahkan check... mungkin salah satunya penyebab komputer anda itu sering bermasalah....

1. Karena Memory/RAM Rusak

Ini penyebab yg paling sering saya temuin... dan cara nyembuhinnya paling gampang.... ganti memory/RAM anda... beres.... Whakakakakak... (gak usah belajar kalo ganti doang yah.....)

2. Karena VGA Rusak

Ini juga penyebab yg banyak saya temuin... kalo di check kebanyakan karena fan/kipasnya tak berfungsi dan menimbulkan panas... trus efeknya kalo lama didiemin yah... biasanya tampilan gambar di monitor jadi rada rusak dan terakhir berefek pula pada penyebab komputer anda jadi sering restart... solusinya coba ganti fan/kipas VGAnya kalo dah normal bisa terus dipakai tuh VGA... tapi kalo masih restart juga kemungkinan ada komponennya yg rusak... artinya anda harus beli yg baru.... huuuuuu.......

3. Karena Hardisk Rusak

Walaupun gak sering tapi ini juga salah satu penyebab yg saya temuin... karena hardisk yg sudah rusak atau banyak bad sectornya akan sering mengalami restart... trus blue screen dan yg paling parah Hang... atau malah gak bisa booting dan terus menerus restart.... jadi solusinya coba di scandisk dulu HD tersebut dengan software2 yg bisa memperbaiki bad sector (saya gak bisa sebutin satu persatu cari aza sendiri.... hi... hi... hi...) tapi kalo buat pencegahan rajin2 lah untuk scan disk dan defrag yah minimal sebulan sekali deh... Ocre....

4. Karena Overheating Pada Processor

Ini jarang terjadi sih... tapi bisa jadi kemungkinan kenapa komputer anda restart... karena biasanya overheating terjadi disebabkan oleh beberapa hal sebagai berikut :

a. Karena sudah gak bagusnya putaran fan/kipas processornya atau malah dalam beberapa kasus malah ada yg mati total.... harusnya anda dah dapat mengetahuinya... karena biasanya ditandai dengan peringatan fan error pada saat mau booting.... solusinya cuma satu... biasaaa.... ganti bro... ha... ha... ha...

b. Sirip2 pendingin processor yg tertutup oleh debu.... kalo ada yg gak tau apa itu sirip pendingin... gw jelasin dikit... hi... hi... yaitu bagian yg biasanya terbuat dari alumunium yg berada tepat dibawah fan/kipas processor gitu loh... solusinya juga gampang... rajin2 bersihin debunya pake kuas atau kalo mau gampang bawa ke tukang tambal ban trus minta dibersihin pake kompresor deh.... whakakakakak ini cara saya bersih2 kalo lagi males.... bayar 2000 perak... bersih... sih... sih....

c. Sudah keringnya thermal pasta atau malah gak dipakein sama sekali.... thermal pasta ini adalah pasta yg direkatkan pada processor dan sirip pendingin sehingga dapat menyerap panas yg berlebihan... jadi kalo sudah kering solusinya yah bersiin pastanya dan ganti dengan yg baru... beres deh...

d. Nah kalo yg terahir bisa aza emang tu pc ditempatin di dalam ruangan yg emang suhunya panas beneran... siapa tau di taruh didapur persis di samping kompor.... whakakakakakakak.....

5. Power Supply Yg Kurang Daya

Ini  sih jarang banget terjadi tapi juga pernah saya alamin... jadi jika semua hardware yg diatas udah di check trus masih bermasalah... nah baru deh nih curiga sama power supplynya... ha.... ha... ha... kalo buat power supply yg bagus mungkin diawal kita dah bisa tau karena dilengkapi lampu2 indikator yg akan meredup jika daya yg dihasilkan kurang... jadi kalo bisa sih... ganti power supply anda dengan yg rada bagusan deh.... whakakaakakakakakak.....

Kayanya itu aza dah yg bisa saya share mungkin ada penyebab lain yg saya gak tau... jadi silahkan ditambahin sendiri... hi... hi.. hi.....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

anda sopan, saya segan (✿◠‿◠)