Kamis, 14 Maret 2013

Gatal di Kulit

ALERGI UDARA / GATAL GATAL ALERGI UDARA

Semalam saya terkena serangan dadakan dari cuaca, alergi udara dingin kayaknya, cuz cuma kejadian waktu malam dan ketika hujan.
hahaha ヾ(●⌒∇⌒●)ノ
numpang curhat dikit nih (✿◠‿◠)

Maka dari itu sobat saya jalan-jalan cari sesuatu tentang “gatal-gatal”. Banyak hlo ternyata kasusnya >_<, berarti saya ini orang biasa. Saya kira ketika saya merasa hipersensitif terhadap udara, saya bisa menyebut diri saya manusia istimewa. Hahaha ヾ(●⌒∇⌒●)ノ

Apakah Sobat termasuk orang yang berjenis kulit sensitif dan sering mengalami gatal alergi bentol kulit? Biasanya penyakit jenis ini disebut dengan kaligata. Kaligata akan muncul jika Anda memakan udang, timun, atau daging kambing. Alergi semacam ini sangat sulit disembuhkan karena alergi berkaitan dengan gen yang Anda bawa sejak lahir. Faktor keturunan membuat alergi berhubungan langsung dengan darah Anda. Ada beberapa tips untuk mencegah timbulnya gatal alergi bentol kulit, seperti bentol dan gatal di kulit. Jika biasanya Anda meminum obat alergi setelah terjadi bentol dan gatal dikulit, maka mulailah rubah kebiasaan itu. Mencegah lebih baik dari mengobati. Mulai sekarang jika Anda ingin memakan makanan yang dapat menimbulkan alergi, maka Anda harus meminum obat penangkalnya terlebih dahulu. Obat yang praktis dan ekonomis yang biasa dipakai penderita kaligata adalah CTM. Yaitu sejenis obat penghilang rasa gatal, namun mengandung obat tidur. Anda bisa membelinya dengan mudah di setiap apotek terdekat. Jadi ke mana pun Anda pergi, Anda harus membawa CTM.

mungkin rada beda dengan apa yang saya alami semalam, tapi untuk sobat/sobati yang memang punya alergi jenis KALIGATA, pemaparannya ada di paling bawah artikel ini.
Saya langsung saja berbagi tentang ALERGI UDARA 
(✿◠‿◠), sesuai dengan pengalaman.

ALERGI

Setelah baca-baca beberapa artikel, saya simpulkan bahwa ciri-ciri umum orang yang terkena Alergi Udara adalah sbagai berikut:

- Tiba-tiba bermunculan bentol-bentol merah kecil pada kulit
- Semakin lama bentol akan membesar (Persis Seperti kena Ulat Bulu)
- Biasanya kalau sampai digaruk akan menyebar dan melebar
- Selalu hilang perlahan setelah minum obat dokter
- Kambuh lagi tiba-tiba tanpa mengenal waktu, dipengaruhi kondisi tempat, suhu dan kebersihan.

Nah itu sedikit ciri-cirinya. biar lebih jelas nih ta ambilin gambarnya dari Site lain



Tenang saja, meskipun ini alergi. Kita tetep bisa berusaha untuk menyembuhkannya (◕‿◕✿)  beberapa tips dibawah ini boleh dicoba.

Tips pertama

Ambil daun kakap (daun sirih yang sudah tua) secukupnya
Ambilkan isen atau temulawak secukupnya
campur dan ulek sampai halus lalu dioleskan ke seluruh bagian yang gatal (caranya seperti pakai body lotion)

Tips kedua

Perbanya konsumsi Vitamin C, Seperti Jeruk dll. karena Vitamin C cukup bagus untuk menetralisir tubuh kita dari yang namanya bibit-bibit gatal

Tips ketiga

Nah yang ini Tips dari Orang tua jaman dulu, Ambilkan garam kira-kira sekepal lalu rebus sampai mendidih, setelah itu tunggu sampai airnya mulai dingin (Hangat bukan dingin) setelah itu ambil kain bersih celupin trs pakek deh ngelap bagian-bagian yang gatal. kalau menurut sumbernya cara pengobatan di atas semua minimal dilakukan 1 kali sehari selama tiga hari berturut-turut.

Tips ke-empat

Kita semua tau, bahwa segala bentuk dan seisi dunia ini adalah milik Tuhan Yang Maha Esa. Tetep bersabar dan berbaik sangka...
anggaplah saja dosa kita sedang dikuras...

OBAT ALAMI HERBAL TRADISIONAL ALERGI KULIT GATAL
Cara alami yang dapat digunakan untuk mengatasi alergi yaitu :

15 gram jahe + 30 cc cuka beras putih/rice venegar + gula merah secukupnya direbus dengan 400 cc air hingga tersisa 200 cc, airnya disaring, diminum. Lakukan secara teratur sehari sekali.

Jika alergi menyerang hidung sehingga menimbulkan pilek atau bersin-bersin dapat menggunakan cara tradisional berikut:

7 lembar daun sambung nyawa + 30 gram sambiloto segar direbus dengan 500
cc air hingga tersisa 200 cc, airnya disaring, diminum hangat-hangat. daun lidah buaya secukupnya dikupas kulitnya lalu dijus. Teteskan jus lidah buaya ke dalam hidung sebanyak 3 tetes dengan menggunakan pipet.

Sedangkan bila alergi menyerang kulit sehingga menimbulkan gatal-gatal atau eksim dapat digunakan :

sambiloto segar secukupnya + kunyit segar secukupnya + belerang secukupnya dihaluskan hingga lembut, lalu dioleskan pada bagian kulit yang terkena alergi. daun ketepeng china segar secukupnya dihaluskan lalu dioleskan pada bagian kulit yang terkena alergi.

Obat Tradisional untuk Alergi KALIGATA

Ada juga obat tradisional yang bisa menangkal gatal alergi bentol kulit, tapi cara kerjanya tidak instans dan butuh proses yang agak lama. Namun obat tradisional ini jauh lebih baik dan tidak mengandung efek samping. Semakin sering Anda mengkonsumsinya, akan semakin baik untuk tubuh. Lain hanya dengan CTM,  terlalu sering mengonsumsinya maka membuat kecanduan dan dapat menyebabkan kerusakan hati. Bagaimana pun obat kimia itu mengandung racun yang tidak baik untuk tubuh. Pernyataan ini berlaku untuk obat farmasi apa pun di dunia ini, karena obat itu sebenarnya racun.
Beda halnya dengan obat tradisional yang akan dikemukakan penulis. Obat ini selain murah harganya, juga mudah didapatkan dimana saja. Yang pertama adalah daun pepaya. Jika Anda sering mengonsumsi daun pepaya, bahkan menjadikannya sebagai makanan pendamping nasi, Insya Allah penyakit gatal-gatal Anda akan berkurang.
Selain daun pepaya, pare juga adalah salah satu obat untuk mengatasi gatal alergi bentol kulit. Anda harus mengonsumsinya tiap hari. Jangan pernah berharap obat tradisional itu dapat bekerja secara instan. Obat tradisional itu bekerja secara bertahap, tapi pasti. Seperti kata pepatah jawa, "Alon-alon asal kelakon." Jika Anda telaten mengkonsumsi daun pepaya dan pare tiap hari secara berkala, Anda akan sembuh dari alergi.
Rebusan daun jambu kelutuk tidak hanya berkhasiat sebagai obat diare, namun untuk gatal alergi bentol kulit. Adalagi yang lebih paten dari obat tradisional, namun pahitnya bukan kepalang. Obat tersebut disebut bratawali. Anda bisa membelinya ditukang jambu gendong, di pasar tradisonal atau toko obat cina. Biasanya mereka sudah menyediakan bratawali yang siap dikonsumsi.

Hewan Buas Penangkal Gatal Alergi Bentol Kulit

Ada juga obat gatal alergi bentol kulit dari binatang. Seperti ular, biawak dan kura-kura. Hewan-hewan itu berkhasiat untuk mencegah dan mengobati alergi kulit, seperti kaligata, eksim, borok, kurap dan lain-lain. Anda bisa membeli sate ular, biawak atau kura-kura dari warung makanan yang biasa mangkal di pinggir jalan. Dengan mengonsumsi langsung daging hewan tersebut, penyakit Anda akan segera teratasi. Bahkan sate ular dan empedunya sangat bagus untuk kulit. Dan banyak juga yang bilang kalau sate ular bisa meningkatkan stamina pria.
Jika Anda meresa ngeri memakan sate ular, biawak atau kura-kura karena tak biasa. Anda bisa membelinya dalam bentuk pil di toko obat cina. Ada juga dalam bentuk abon. Dengan seringnya mengkonsumsi daging ular dan daun pepaya, penyakit alergi Anda lambat laun akan sembuh. Anda akan terbebas dari gatal-gatal dan CTM.

PENCEGAHAN ALERGI
Alergi udara dalam ruangan
Udara yang kotor dan bau sering membuat orang menjadi gatal alergi bentol kulit. Untuk menghindarinya maka ruangan rumah Anda harus bersih dari segala macam kotoran dan pemicu alergi, seperti ruangan lembab, bulu binantang peliharaan (kucing, anjing, burung dan lainnya).
Alergi yang menjangkiti Anda itu menAndakan bahwa kepedulian Anda terhadapa kebersihan rumah kurang. Sering kali orang yang bertamu pada rumah yang kotor dan dipenuhi bulu binantang menjadi alergi. Bila itu terjadi pada tamu yang kunjung ke rumah Anda pastinya Anda akan menyesal dan malu. Sebelum kejadian itu terjadi maka Anda harus melakukan pembersihan rutin terhadap rumah Anda, seperti menyapu lantai, menyedot debu karpet, membersihkan perabotan rumah (sofa, kursi dll), mengepel secara berkala setidaknya 3 hari sekali.
Bila Anda memiliki hewan peliharaan maka mandikan ia setiap seminggu sekali. Hewan peliharaan yang mudah kotor misalnya kucing dapat dimandikan kurang dari itu, misalnya 4 hari sekali.

Pencegahan Alergi Udara Luar Ruangan
Banyak kasus gatal alergi bentol kulit yang disebabkan oleh udara luar ruangan yang bercampur dengan pemicu alergi, contohnya yaitu serbuk bunga, jamur, daun tanaman, getah pohon dan lainnya.
Mencegah alergi karena serbuk bunga merupakan yang tersulit dilakukan karena hal itu tidak dapat dilihat oleh mata. Untuk mengatasinya hal tersebut maka Anda harus bertanya kepada dokter bunga dan tanaman apa saja yang menyebabkan alergi. Setelah Anda tahu selanjutnya Anda harus membabat habis semua bunga dan tanaman pemicu alergi di rumah Anda. bila tetangga Anda menanam bunga dan tanaman pemicu alergi maka sebaiknya Anda harus memberitahukan tentang alergi dan penyebabnya kepada tetangga dengan harapan dia tidak menanam bungan dan tanaman tersebut.

Pencegahan Alergi Makanan
Menghidari makanan pemicu gatal alergi bentol kulit merupakan jurus ampuh bagi penderita alergi makanan. Makanan pemicu alergi makanan sangat banyak dan beragam, contohnya kacang tanah, udang, daging kambing, cumi-cumi, susu, kerang, stroberi, tomat, kacang, ikan dan lainnya.
Mendiagnosis makanan pemicu alergi adalah awal dari pencegahan. Anda bisa mencarinya di buku kesehatan atau langsung bertanya pada dokter spesialis kulit. Langkah berikutnya adalah menahan nafsu memakan makanan pemicu alergi tersebut walaupun disajikan dengan menu masakan yang lezat dan enak. Kebanyakan orang tidak mampu menahan nafsu makannya sehingga berakibat buruk pada dirinya sendiri. Pikir ulang akibat dari perbuatan Anda itu, ingat-ingat betapa gatal dan sakitnya ketika kulit menjadi gatal dan bentol.
Langkah selanjutnya adalah meminta orang tua atau istri untuk menghindari bahan makanan pemicu alergi Anda. katakan pada mereka bahwa Anda dilarang keras oleh dokter untuk memakan bahan makanan tersebut. Bila mereka ingin memakan makanan pemicu alergi Anda maka katakan makan dan simpan baik-baik agar tidak termakan oleh Anda.

Pencegahan Alergi Gigitan Serangga
Gatal alergi bentol kulit sering dialami manusia karena digigit oleh serangga. Menghindari gigitan serangga memang sulit dilakukan mengingat jenis spesies ini lebih dari 990 ribu.
Apakah Anda tahu berapa jumlah seluruh serangga di muka bumi ?
Jawabannya adalah berjumlah lebih dari 10 ribu trilyun. Mereka ada di mana-mana, di gunung, pantai, danau, sungai, padang pasir, perkotaan, pedesaan dan seluruh permukaan bumi. Di rumah Anda saja akan ada serangga berjumlah ribu an bahkan lebih. Mereka hidup di tembok, atap, pohon, bawah tanah dan tempat lainnya.
Gigita serangga merupakan serangan paling banyak dialami manusia selama hidupnya. Bagi Anda yang alergi terhadap serangga tidak perlu frustasi dan menyerah. Anda bisa melakukan pencegahan terhadap gigitan serangga, di antaranya yaitu selalu memakai alas kaki setiap keluar rumah, tidak mendekati tanaman yang berbunga ( seperti mawar, tulip, melati dan lainnya), memberantas serangga dengan cara efektif dan efisien.
Dengan melakukan hal tersebut maka serangan serangga pada rumah Anda akan dapat diminimalisir. Anda harus secara rutin membasmi serangga pemicu alergi yang muncul di hadapan Anda. Jangan pernah malas untuk menginjak, memukul dan menyemprot serangga jahat.
Mengobati alergi gatal tidak sulit-sulit banget (◕‿◕✿)  Berdasarkan tips-tips yang sudah dipaparkan, sobat-bobati segera melakukan penanganan secepatnya jika alergi ini timbul. Obat tradisional alergi gatal ini bisa anda jadikan referensi dan anda pakai jika sewaktu-waktu anda terserang alergi gatal ini.
Jika sobat-sobati merasa Artikel ini pantas untuk dishare silahkan Share. Agar lebih banyak sobat kita yang mengetahui informasi ini.(✿◠‿◠)



12 komentar:

  1. Balasan
    1. Hay sista . . . ^_^
      , thanks for visit my blog

      hehe :D

      Hapus
  2. cuaca panas boleh buatkan badan alami ruam2 panas di bahagian yg tersembunyi yg mana tak dapat udara yang cukup..jadi pastikan pakai pakaian berasaskan cotton..mudahkan udara masuk..dan elakkan memakai pakaian yg gelap warnanya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. ^_^
      terimakasih sista :)
      atas informasinya. . .
      bermanfaat sekali :))))

      Hapus
  3. wak tips nya sangat menarik utk dicoba, ijin simpan yah? mksh udah berbagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. silahkan sist, ^_^
      senang rasanya bisa berguna :)

      Hapus
  4. mantep nih infonya sob,terima kasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thank you Gan sudah mampir kesini ^_^

      tunggu kunjungan balik dari saya :)

      Hapus
  5. Assalamu'alaikum,,,,,kunjungsan balik Satria Baja Hikam shob. ni yayu y?????? waaaaah.....punya blog juga y. sejak 2010 lg.mantap, bagus bgt blognya

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe. . .
      iya donk ^_^
      sering main kesini ya kang (y)
      . . . .
      follow saya juga owh :D

      Hapus
  6. asal gatalnya bukan karena alergi sama saya saja lah :-D

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu tidak akan gan ^_^
      , asal jangan sampai tidak mandi berminggu-minggu, hanya untuk menguji saya :D

      makasih Gan sudah mampir, tunggu kunjungan saya :)

      Hapus

anda sopan, saya segan (✿◠‿◠)