Kamis, 27 Agustus 2015

SEDIKIT TIPS CARA MENGENDALIKAN EMOSI (MARAH) DENGAN RELAKSASI


Kenapa sering emosi?kenapa sering marah?apa sebabnya...?
Pada dasarnya emosional adalah karakter yang tidak akan pernah terlepas pada diri kita,hewan saja bisa marah apalagi kita yang dibekali akal lebih hebat dari mahluk Tuhan lainnya.Jadi jika anda marah adalah wajar,penyebab kita sering emosi adalah [sedang kesulitan ekonomi,sedang mengalami masalah perasaan misal putus cinta atau menghadapi perceraian,menumpuknya pekerjaan baik pekerjaan sekolah ataupun pekerjaan umum,sedang bermasalah dengan keluarga,sedang bermasalah dengan teman,mendapat fitnah,mendapat cacian,mendapat omelan dsb] pokoknya banyak sekali faktor yang menyebabkan emosi.Ada satu hal yang menarik yakni,meningginya tekanan darah yang sekarang banyak di alami orang karena pola hidup yang sudah tidak seimbang,khususnya mereka - mereka yang sulit tidur dimalam hari [insomnia],orang yang tidurnya normal dengan orang yang sulit tidur tingkat emosinya pasti berbeda.Lebih cepat marah yang sulit tidur di banding yang normal

SURVEY MEMBUKTIKAN...?
Ya,saya sering melakukan dialog dengan teman-teman saya.Mereka pun mengungkapkan bahwa dirinya sejak sulit tidur emosinya jarang terkontrol lagi,bahkan mereka bilang..."Mbah,kenapa ya saya kok akhir-akhir ini sering emosi,apakah ada energi lain yang menempel?kadang saya suka aneh sendiri,kenapa saya harus marah - marah sih?kenapa saya harus emosi sih?Balas SMS aja harus pake emosi,angkat telephone saja harus pake emosi,pokoknya gampang banget emosi dah!Jawaban saya adalah ya seperti yang saya sebutkan di atas bukan karena jin atau energi negatif lainnya,sebenarnya orang emosi normal - normal saja siih misal angkat telephone atau balas sms tidak harus emosi (marah) bukan?


MENGKAJI TIMBULNYA EMOSI JIWA (MARAH) DAN GRAFIKNYA
Emosi adalah sebuah keadaan antara biologis dan psikologis dengan rangsangaan syaraf otak yang menyebabkan reaksi berlebih dan cepat terhadap perasaanya.Seperti di ungkapkan oleh salah satu pakar psikologis bahwa bahasa latinnya emosi adalah "emovere" yang artinya bergerak/bertindak jauh / melampaui.Baiklah pemirsa,kita kembali kepada topik...

CARA KENDALIKAN EMOSI DENGAN
RELAKSASI CEPAT DAN LAMBAT.
Cara ini saya ambil dan saya pelajari dari definisi emosi itu sendiri,saya menyimpulkan begini...Jika emosi bisa di artikan "keadaan antara biologis dan psikologis" berarti ada sisi tengah,Nah...antara Biologis = sisi tengah = Psikologis.Kemudian rangsangan syaraf disini sebagai alat penghantar emosi terjadi,sebenarnya emosi banyak contohnya seperti :
Amarah : beringas, mengamuk, benci, jengkel, kesal hati
Kesedihan : pedih, sedih, muram, suram, melankolis, mengasihi diri, putus asa
Rasa takut : cemas, gugup, khawatir, was-was, perasaan takut sekali, waspada, tidak tenang, ngeri
Kenikmatan : bahagia, gembira, riang, puas, riang, senang, terhibur, bangga
Cinta : penerimaan, persahabatan, kepercayaan, kebaikan hati, rasa dekat, bakti, hormat, kemesraan, kasih
Terkejut : terkesiap, terkejut
Jengkel : hina, jijik, muak, mual, tidak suka
malu : malu hati, kesal
Namun yang akan kita bahas kali ini adalah mengendalikan Amarah,Kendalikan emosi (marah) relaksasi cepat yaitu dengan cara tarik nafas yang dalam 3x tarikan sebelum menjawab pertanyaan,sebelum menjawab sms/tlp/bbm dll.Sedangkan mengendalikan emosi dengan relakasi lambat yaitu dengan cara merilekskan tubuh,berbaring sambil mendengarkan musik kesukaan sambil memejamkan mata.Selamat mencoba pemirsa....

SESEORANG YANG EMOSI (AMARAH)NYA TINGGI SANGAT TIDAK BAGUS UNTUK PERGAULAN,PEKERJAAN,PERCINTAAN DAN KEDEWASAAN

  1. WAJIB BACA! KENAPA MUDAH MARAH 
  2. SABAR VS MARAH
  3. SEDIKIT TIPS CARA MENGENDALIKAN EMOSI (MARAH) DENGAN RELAKSASI  



  4. Rekomendasi :  
    1. Motivasi (✿◠‿◠)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

anda sopan, saya segan (✿◠‿◠)